Apa itu Osteoporosis?

Apa itu osteoporosis? Singkatnya, osteoporosis adalah kondisi kesehatan yang menyebabkan tulang menipis dan melemah seiring berjalannya waktu, membuat tulang kurang mampu mengatasi kekuatan eksternal dan pada akhirnya lebih rentan patah.

Seiring bertambahnya usia, tulang kita pasti akan menipis karena sejumlah faktor.

Apa itu Osteoporosis? oleh keausan yang

Ini mungkin termasuk kurang olahraga, penambahan berat badan, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, pola makan yang buruk, kurang tidur, dan bahkan dalam beberapa kasus paparan bahan kimia berbahaya. Pada orang tua, patah tulang sangat serius karena semakin lama orang tersebut tetap tidak bergerak, semakin banyak tulang menjadi rapuh dan rentan patah.

Salah satu alasan utama diagnosis osteoporosis adalah karena kurangnya gejala. Artinya, banyak orang yang tidak terdiagnosis dengan kondisi ini hingga gejalanya menjadi lebih menonjol dan menjadi jelas mereka tidak lagi dapat melakukan aktivitas normal sehari-hari.

Tahap pertama osteoporosis biasanya adalah pengeroposan tulang yang disebabkan oleh keausan yang disebabkan oleh keausan normal tubuh. Kemampuan alami tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mengganti tulang yang patah dengan yang lebih kuat dan lebih sehat dipengaruhi oleh stres apa pun seperti terlalu banyak mengangkat atau membawa benda berat.

Tahap kedua dari osteoporosis lebih parah karena terjadi ketika tidak ada perbaikan pada tempatnya dan tulang mulai perlahan-lahan hancur, menyebabkannya menjadi lebih rapuh. Tulang akhirnya patah dan yang baru dibangun, tetapi saat tulang ini rusak dan diganti, mereka mulai kehilangan kekuatannya, menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lemah lagi.

Patah tulang adalah salah satu penyebab kematian paling umum yang terkait dengan osteoporosis.

Apa itu Osteoporosis? kali diresepkan

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memeriksakan diri ke dokter umum Anda sedini mungkin bahwa Anda mungkin berisiko mengalami kerusakan tulang karena ini dapat membantu mereka untuk mengobati kondisi tersebut sebelum berkembang menjadi kondisi yang lebih serius.

Selain tulang yang rusak dan melemah, ada juga peningkatan risiko penyakit terkait osteoporosis pada struktur tulang. Penyakit terkait osteoporosis termasuk artritis, rakhitis, dan asam urat.

Ada berbagai pengobatan yang tersedia untuk osteoporosis dan masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan sendiri-sendiri tergantung pada keadaan masing-masing. Obat-obatan seperti pereda nyeri, tablet estrogen, dan glukokortikoid sering kali diresepkan sebagai bagian dari rencana pengobatan awal.

Selain pengobatan, ada pilihan lain yang dapat digunakan untuk mengurangi jumlah pengeroposan tulang dan menghentikan pengeroposan tulang lebih lanjut. Ini termasuk suplemen massa tulang, pijat, terapi ultrasound, olahraga, terapi panas dan pembedahan.

Suplemen seperti pembangun massa tulang sering dikonsumsi oleh mereka yang menderita osteoporosis untuk meningkatkan kekuatan dan ukuran tulang mereka. Ini juga akan membantu mencegah mereka kehilangan lebih banyak massa tulang seiring bertambahnya usia.

Pijat adalah pilihan pengobatan lain, yang digunakan untuk meredakan nyeri serta dapat membantu mencegah kejang otot pada persendian.

Apa itu Osteoporosis? tulang sangat

Nyeri ini bisa dikurangi melalui penerapan panas ke area yang terkena.

Terapi panas merupakan salah satu pengobatan osteoporosis terbaru karena dapat membantu mempercepat proses pemulihan. Jenis terapi ini bisa sangat bermanfaat, karena meningkatkan pertumbuhan dan pemeliharaan suplai darah ke jaringan yang cedera dan menua.

Prosedur pembedahan seperti pembedahan sering direkomendasikan karena tulang tidak dapat rusak dengan cara memecahnya dan menyebabkan patah tulang. Metode bedah lain yang digunakan untuk mengobati osteoporosis termasuk osteotomi dan pengeboran tulang artroskopi.

Pengeboran tulang artroskopi dilakukan dengan mengebor langsung melalui sendi dan masuk ke tulang. Tindakan ini sering dianggap kurang invasif daripada operasi yang mengharuskan ahli bedah membuka tubuh ke tulang dan memasukkan sekrup logam ke dalamnya.

Massa tulang juga dapat ditingkatkan dengan mengikuti latihan aerobik. Ini membantu tubuh membangun massa tulang di area yang terkena dan meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk membangun tulang baru di area yang sebelumnya terkena.

Osteoporosis memengaruhi wanita lebih banyak daripada pria, jadi penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda memiliki kekhawatiran tentang osteoporosis. Anda bahkan mungkin dapat mengambil tindakan untuk memperlambat efek osteoporosis dengan melakukan sedikit perubahan gaya hidup.

Author: iffm-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *