Pengobatan Wasir – Tip dan Trik

Tumpukan, biasa disebut wasir, adalah pembuluh darah besar yang membengkak di rektum bawah dan anus yang meradang dan bengkak.

Pengobatan Wasir - Tip dan Trik atau saat hamil, terlalu banyak

Ada banyak penyebab wasir, termasuk mengejan saat buang air besar atau saat hamil, terlalu banyak tekanan pada vena panggul, atau kondisi medis lainnya. Pemeriksaan fisik awal pada saluran rektal dan anus dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosis wasir.

Wasir biasa terjadi pada semua orang. Mereka berkembang ketika bagian kulit yang disebut wasir pecah. Gumpalan terbentuk di tengah wasir dan menyebabkan rasa sakit yang parah. Mungkin ada darah di tinja dan anus atau mungkin tidak ada.

Pada awalnya, satu-satunya penyebab wasir adalah mengejan saat buang air besar. Seiring waktu, ada kemungkinan tumpukan berkembang jika seseorang telah mengembangkan wasir yang menyebabkan tekanan pada vena internal. Wasir sangat umum terjadi dan bisa menyebabkan rasa sakit dan malu. Wasir tidak boleh diabaikan atau dirawat karena ini hanya gejala dari masalah yang jauh lebih besar. Ketika seseorang mengalami pembekuan darah di wasir, mereka dapat mengalami episode nyeri dan bengkak.

Salah satu gejala utama adalah gatal di daerah tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh adanya perdarahan dari bekuan darah pada ambeien. Pada kasus yang parah, penggumpalan darah dapat menyebabkan fistula (terowongan jaringan yang menghubungkan kedua sisi tubuh). Fistula mungkin tidak menyakitkan, tetapi dapat menyebabkan infeksi.

Nyeri dan bengkak pada wasir bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau infeksi virus. Beberapa orang dengan wasir parah juga mengalami infeksi pada lapisan anus, menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Sebagian besar kasus infeksi ini disebabkan oleh kelainan yang mendasari, jadi pengobatannya penting.

Gejala bekuan darah yang pecah sangat bervariasi dari orang ke orang.

Pengobatan Wasir - Tip dan Trik alami untuk menangani wasir

Beberapa akan merasa gatal atau terbakar di sekitar area anus. Orang lain mungkin merasakan sakit dan terbakar di perut bagian bawah. Gejala ini terkadang bisa disertai demam dan menggigil.

Pendarahan dari tumpukan sangat menyakitkan dan tidak boleh diabaikan. Seorang dokter dapat melakukan tes yang disebut sitz bath untuk menentukan apakah ada pendarahan. Mandi sitz adalah prosedur sederhana yang dilakukan di kamar mandi yang melibatkan posisi duduk, memegang sesuatu yang hangat dan lembab, dan kemudian mengambil napas.

Pendarahan dari wasir tidak selalu disebabkan oleh infeksi, tetapi biasanya disebabkan oleh penyumbatan pada salah satu sisi usus. Jika tidak disebabkan oleh infeksi, biasanya dapat diobati melalui pengobatan rumahan. Beberapa metode untuk mengatasi tumpukan adalah mandi air hangat atau menggunakan witch hazel untuk membantu melarutkan penyumbatan.

Ada juga beberapa metode alami untuk menangani wasir. Dengan mengubah pola makan, Anda bisa membuat sistem pencernaan Anda lebih kuat dan sehat. Dengan mengonsumsi suplemen herbal Anda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah gejala wasir.

Metode pengobatan efektif lainnya adalah dengan meningkatkan jumlah serat dalam makanan Anda. Serat sangat bagus untuk membantu tubuh mencerna makanan dengan benar dan untuk membuat tinja lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan.

Minum beberapa cangkir air hangat sehari merupakan cara lain untuk membantu mengurangi gejala wasir. Ini juga akan meningkatkan sirkulasi dan membantu meningkatkan aliran urin. Ini membantu menghilangkan produk limbah dari tubuh yang berbahaya bagi sistem pencernaan.

Anda juga dapat mencoba beberapa perawatan rumahan untuk menghilangkan wasir. Misalnya, makan banyak serat dapat membantu meringankan tekanan dan iritasi yang disebabkan wasir pada dinding usus. Dalam hal wasir, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Author: iffm-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *