Definisi Karantina – Apa Artinya?

Definisi karantina adalah pembatasan ketat yang diberlakukan pada masyarakat, dan individu, dalam suatu wilayah tertentu untuk mencegah atau mengendalikan penyebaran berbagai penyakit.

Definisi Karantina - Apa Artinya? hewan tertutup

Ini dapat digunakan untuk membatasi pergerakan individu dan produk yang dimaksudkan untuk mencegah penyebaran patogen atau organisme menular, tetapi tanpa konfirmasi medis yang dikonfirmasi.

Definisi karantina juga dapat merujuk pada penghalang fisik yang digunakan untuk tujuan membatasi mobilitas individu atau objek yang terinfeksi. Contoh dari penghalang ini adalah kamera TV sirkuit tertutup, sistem televisi sirkuit tertutup (CCTV), sistem radio sirkuit tertutup (CCRS), sistem video sirkuit tertutup (CCVS), pagar karantina, kolam karantina, fasilitas karantina, gudang karantina, area karantina tertutup , zona karantina tertutup, dan zona karantina tertutup. Semua contoh ini berlaku untuk isolasi biologis, kimiawi, dan fisik di area tertentu tempat penyakit atau infeksi berpotensi menyebar.

Ada banyak jenis zona karantina, termasuk yang dirancang untuk memantau pergerakan masyarakat di sekolah, laboratorium, tempat komersial, dan area lain yang berpotensi menularkan penyakit menular dari satu orang ke orang lain. Ada juga zona karantina yang digunakan sebagai unit isolasi atau pusat perawatan karantina, seperti panti jompo atau rumah sakit militer. Ini dikenal sebagai zona “pasien karantina” unit perawatan karantina “, dan mencakup area tempat pasien berada di bawah pengawasan langsung dokter atau perawat. Beberapa zona karantina hanya ditujukan untuk satu jenis pasien atau zat, sementara yang lain mungkin berisi campuran pasien.

Jenis definisi karantina yang paling umum adalah yang dirancang untuk mencegah transfer patogen berbahaya dari satu individu ke individu lain. Dalam hal ini zona karantina merupakan batas tertutup yang didalamnya terdapat pembatasan pergerakan baik individu maupun produk. Definisi batas didasarkan pada seberapa mudah patogen dapat ditransfer ke individu atau produk lain, dan besarnya risiko penyebaran patogen.

Definisi karantina lainnya mengacu pada area yang digunakan untuk mengontrol kontaminasi produk yang ditujukan untuk penggunaan pribadi. Ini termasuk produk seperti kosmetik, deterjen, antiseptik, bahan makanan, perlengkapan pembersih rumah tangga, aerosol, dan disinfektan yang ditujukan untuk penggunaan pribadi.

Contoh zona karantina dengan definisi karantina yang mengacu pada kontaminasi adalah batas tertutup yang digunakan untuk penahanan obat infeksi.

Definisi Karantina - Apa Artinya? Dalam hal ini zona

Zona ini termasuk unit penahanan tertutup di mana petugas kesehatan yang bertanggung jawab atas obat-obatan tidak diizinkan untuk bersentuhan dengan obat tersebut. Ini agar pekerja dapat aman saat mengelolanya. Unit penahanan tertutup dapat mencakup laboratorium medis, unit pengiriman obat, area penahanan tertutup tempat dokter atau apoteker memberikan obat, atau area penahanan tertutup untuk obat-obatan, termasuk apotek, ruang bedah, dan pabrik pembuatan obat. Jenis unit ini digunakan untuk menampung transfer obat yang berbahaya bagi manusia.

Contoh definisi karantina mengacu pada jenis unit karantina tertentu yang digunakan untuk menampung bahan berbahaya dan dirancang untuk membatasi pergerakan dan / atau penyimpanan bahan yang terkontaminasi. Definisi ini juga mencakup area yang dirancang untuk membuang benda yang terkontaminasi atau bahan limbah dari area yang terkena dampak. Contoh unit jenis ini dapat mencakup unit penyimpanan tertutup atau tempat pembuangan tertutup untuk limbah berbahaya, lokasi limbah berbahaya, area penyimpanan tertutup, dan fasilitas penyimpanan tertutup.

Contoh definisi karantina mengacu pada area karantina di mana hewan dikurung di area tertutup tertentu di mana mereka tidak diizinkan untuk bersentuhan dengan lingkungan. Daerah ini digunakan untuk menahan agen infeksius. Contoh dari zona ini termasuk unit penahanan hewan tertutup dan tempat penampungan hewan tertutup. Dalam unit tersebut, hewan hanya diperbolehkan bersentuhan dengan lingkungan berupa air, makanan, dan produk tercemar lainnya.

Author: iffm-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *